Tips Memulai Sosial Media Marketing Untuk Pemula

Tips Memulai Sosial Media Marketing Untuk Pemula

Siapa yang tidak tahu tentang. Anda tahu di zaman sekarang Anda harus eksis di Social Media. tapi untuk seorang pemula semua ini akan tampak complicated dan seringkali bingung harus mulai dari social media yang mana dulu. Jadi darimana Anda harus memulai Social media mana yang paling cocok untuk Anda ataupun bisnis Anda. Hallo semua, hari ini saya akan bagikan tips memulai sosial media marketing. untuk Anda seorang. pemula.

TIPS NO. 1. Anda harus pilih. Social Media yang tepat untuk Anda ataupun bisnis Anda. Ada banyak sekali Social Media di luar sana. Anda harus pilih mana yang cocok untuk Anda. Anda bisa pilih. semuanya, hanya saja Anda tidak akan. punya waktu yang cukup. untuk eksis di semua tempat. sehingga Anda tidak akan. sanggup membuat akun Sosmed. Anda, itu menjadi luar biasa. Saya selalu katakan, kalau ngerjain sesuatu itu jangan setengah – setengah. All out. Kalau Anda memutuskan untuk maen di Facebook. Anda jangan setengah – setengah. begitu juga kalau misalkan Anda sudah memutuskan. untuk maen di LinkedIn. ya, jangan tanggung – tanggung. Jangan mau jadi manusia yang rata – rata. Mending gausah ngapa – ngapain. daripada Anda itu mengerjakan nya. setengah hati. karena jika Anda nyemplung ke sebuah. channel. tapi ternyata tidak All out. Maka, Anda tidak akan mendapatkan. reach yang cukup untuk. setiap konten yang Anda bikin. Akun Anda akan sepi dengan pengunjung. Dulu sosmed sangat. mudah untuk mendatangkan yang namanya traffic. tapi sekarang algoritma sosmed itu sudah tidak. se longgar dulu lagi. Ya, sudah ketat. karena semakin kesini itu persaingan semakin. banyak. dengan kata lain, kalau Anda tidak bisa menjadi yang terbaik di antara yang baik. Maka Anda tidak akan. berhasil. Oleh karena itu, Anda harus memilih sosial media mana yang. tepat untuk Anda atau bisnis Anda. Apa yang cocok di saya belum tentu cocok di. bisnis Anda. Kalau bisnis Anda adalah B2B. Maka saya bisa katakan LinkedIn. ataupun twitter. itu adalah sosial media yang lebih cocok untuk Anda. Kalau bisnis Anda adalah B2C. Maka Facebook, instagram dan youtube. itu adalah pilihan yang. tepat. sebenernya youtube juga cocok untuk B2B. tergantung juga dari jenis konten apa. yang Anda sukai dan Anda kuasai. misalkan. Anda kuatnya itu di. Video. Maka Youtube bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda fokuskan. Anda bisa mendapatkan traffic terus terusan dari youtube. Kalau konten Anda itu ternyata bisa nge rank tinggi dibandingkan facebook karena Lebih banyak orang melakukan pencarian di youtube ketimbang di Facebook itu sendiri. Kalau Anda mengincar audience yang demografi nya itu. adalah anak muda. maka instagram dan snapchat akan jadi pilihan yang tepat di Indonesia. Snapchat belum terlalu populer sehingga saya lebih merekomendasikan Anda bermain di. Instagram. Kalau Anda masih kesulitan untuk memilih sosmed yang mana yang harus anda fokuskan di bisnis Anda tinggalkan komentar dan saya akan berusaha menjawabnya.

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Kecil di Rumah

TIPS KE 2. mulai bikin konten. Tapi saya kan gak punya follower,  Kenapa saya harus bikin konten, siapa yang peduli dengan saya?. Mindsetnya itu coba di ubah justru karena Anda tidak punya followers maka Anda harus bikin konten. Karena justru Anda tidak punya konten lah makanya Anda tidak punya yang namanya followers. Anda bisa mulai dari bikin profile yang menarik di akun sosmed Anda. dengan singkat dan jelas, untuk menjelaskan kepada orang lain. siapa Anda ataupun bisnis Anda. tidak ada alasan buat orang lain untuk follow Anda. Kalau orang lain itu tidak tahu siapa Anda. Anda juga bisa menjelaskan tentang benefit apa. yang akan orang dapatkan. Jika mereka mem – follow akun Anda. Jadi,. mulailah dengan melengkapi profile akun sosmed Anda. Kemudian lanjutkan untuk membikin konten. Kalau Anda tidak tahu konten seperti apa yang harus Anda bikin. Cari tahu siapa kompetitor Anda di Social network tersebut dan kemudian Modelling mereka. Misalkan jika Anda adalah Founder dari Louis Vuitton Maka kompetitor Anda adalah GUCCI, Michael Kors dan kawan – kawan. Nah.. Anda bisa liat seperti apa konten yang mereka bikin. Konten mana yang disukai. oleh die hard fans mereka mana yang tidak dan Anda bisa mendapatkan inspirasi dari sana. Kalau Anda tidak. tahu bagaimana caranya bikin konten. Anda bisa mulai dengan nulis status. ataupun. record video singkat. untuk menceritakan apa yang sedang. Anda lakukan. ataupun menceritakan sesuatu itu juga merupakan konten dont over complicated things.

TIPS KE – 3. Bangun yang namanya relasi. setelah bikin konten yang harus Anda lakukan adalah membangun relasi dengan manusia, pastinya. Meskipun Anda ada di balik layar komputer atau pun smartphone. Bukan berarti Anda tidak perlu membangun relasi. Pada dasarnya Anda tetap berinteraksi dengan yang namanya manusia. Pastikan Anda follow orang yang Anda kenal. Anda interaksi dengan mereka dan bangun relasi dengan mereka. Kemudian Bagaimana cara yang elegan dalam membangun relasi. Anda bisa search. Siapapun yang update status di niche Anda. dan Anda tinggalkan komentar disana untuk sekedar. say hello. atau jika ia butuh. jawaban. dan Anda bisa membantu nya maka Anda jangan segan – segan untuk. membantunya. atau bahkan ketika Anda posting di channel Anda sendiri. dan ada yang meninggalkan komentar di konten Anda. Respon. balas komentar mereka. Anda harus berinteraksi dengan. mereka. dari pengalaman saya ketika Anda engage dengan audience Anda. Maka mereka akan terus kembali ke channel Anda. dan menjadi die hard fans Anda. Mereka akan menjadi followers yang setia buat Anda. Jadi tidak ada gunanya kalau Anda punya. followers 100 Ribu atau 1 juta followers. tapi ternyata Anda tidak berinteraksi dengan. mereka. ini ada hubungannya dengan. tips ke empat yang akan saya bagikan.

Baca Juga :  SEO (Search Engine Optimation), Strategi Marketing Digital yang Murah Meriah

TIPS KE – 4. Jangan fokus pada jumlah Followers. Karena untuk bisa berhasil di sosial media. Anda harus punya interaksi yang kuat. Anda harus punya hubungan yang intim dengan. follower – followers Anda. Kalau Anda saat ini meskipun cuma punya 100 followers dan ternyata mereka semua itu tidak Engage dengan Anda Maka Algoritma. Sosial media akan menandai akun Anda bahwa. Konten Anda itu kemungkinan tidak menarik. Karena engagement nya rendah. Sama seperti kalau Anda punya 1 juta followers. dan ternyata cuma 1000 orang yang engage dengan. konten – konten yang Anda bikin. Maka reach dari postingan – postingan yang Anda bikin itu akan menjadi. sangat rendah. Tidak heran kenapa banyak sekali artis atau selebgram. yang ketika mereka ngepost itu sedikit sekali. interaksinya. meskipun followersnya itu sudah. ratusan ribu bahkan. jutaan. Meski followers Anda cuma 100 orang. tapi ketika Anda nge-post, ternyata banyak yang. Maka postingan Anda itu tetap akan punya kemungkinan. viral lebih tinggi dibandingkan dengan. akun – akun yang. postingannya itu rendah engagement nya. jadi kuncinya bukan di seberapa banyak. followers Anda. Tapi di seberapa banyak. die hard fans. yang ada di akun Anda. Bonus tips dari saya. Jangan jualan di 1 sampai 3 bulan pertama Anda. Kalau Anda buru – buru jualan. ketika Anda baru saja bikin akun Instagram, misalkan. itu seolah – olah seperti. Anda nenteng keranjang belanja. ke sebuah komunitas baru. Kemudian Anda tanya ke orang – orang yang ada di Komunitas itu. Eh.. ehh mau gak beli dagangan saya. Kurang lebih seperti itu Kira – kira dagangan Anda akan di beli oleh orang – orang tersebut atau nggak?. Anda bisa jualan dengan menggunakan iklan berbayar sebenarnya. Kalau pun Anda mau ya. dan memang conversion rate nya itu tidak akan se tinggi. Kalau misalkan Anda sudah membangun Relasi dengan Audience Anda. thats why saya sarankan Anda sharing konten terlebih dahulu. Bangun relasi yang baik. Baru kemudian Anda promosikan bisnis ke. follower – followers sejati Anda. Thats it

Baca Juga :  Mendapat Lebih Banyak Pembeli dengan Facebook Ads Funnel