Tips Memulai Sosial Media Marketing Untuk Pemula

Tips Memulai Sosial Media Marketing Untuk Pemula

Siapa yang tidak tahu tentang. Anda tahu di zaman sekarang Anda harus eksis di Social Media. tapi untuk seorang pemula semua ini akan tampak complicated dan seringkali bingung harus mulai dari social media yang mana dulu. Jadi darimana Anda harus memulai Social media mana yang paling cocok untuk Anda ataupun bisnis Anda. Hallo semua, hari ini saya akan bagikan tips memulai sosial media marketing. untuk Anda seorang. pemula.

TIPS NO. 1. Anda harus pilih. Social Media yang tepat untuk Anda ataupun bisnis Anda. Ada banyak sekali Social Media di luar sana. Anda harus pilih mana yang cocok untuk Anda. Anda bisa pilih. semuanya, hanya saja Anda tidak akan. punya waktu yang cukup. untuk eksis di semua tempat. sehingga Anda tidak akan. sanggup membuat akun Sosmed. Anda, itu menjadi luar biasa. Saya selalu katakan, kalau ngerjain sesuatu itu jangan setengah – setengah. All out. Kalau Anda memutuskan untuk maen di Facebook. Anda jangan setengah – setengah. begitu juga kalau misalkan Anda sudah memutuskan. untuk maen di LinkedIn. ya, jangan tanggung – tanggung. Jangan mau jadi manusia yang rata – rata. Mending gausah ngapa – ngapain. daripada Anda itu mengerjakan nya. setengah hati. karena jika Anda nyemplung ke sebuah. channel. tapi ternyata tidak All out. Maka, Anda tidak akan mendapatkan. reach yang cukup untuk. setiap konten yang Anda bikin. Akun Anda akan sepi dengan pengunjung. Dulu sosmed sangat. mudah untuk mendatangkan yang namanya traffic. tapi sekarang algoritma sosmed itu sudah tidak. se longgar dulu lagi. Ya, sudah ketat. karena semakin kesini itu persaingan semakin. banyak. dengan kata lain, kalau Anda tidak bisa menjadi yang terbaik di antara yang baik. Maka Anda tidak akan. berhasil. Oleh karena itu, Anda harus memilih sosial media mana yang. tepat untuk Anda atau bisnis Anda. Apa yang cocok di saya belum tentu cocok di. bisnis Anda. Kalau bisnis Anda adalah B2B. Maka saya bisa katakan LinkedIn. ataupun twitter. itu adalah sosial media yang lebih cocok untuk Anda. Kalau bisnis Anda adalah B2C. Maka Facebook, instagram dan youtube. itu adalah pilihan yang. tepat. sebenernya youtube juga cocok untuk B2B. tergantung juga dari jenis konten apa. yang Anda sukai dan Anda kuasai. misalkan. Anda kuatnya itu di. Video. Maka Youtube bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda fokuskan. Anda bisa mendapatkan traffic terus terusan dari youtube. Kalau konten Anda itu ternyata bisa nge rank tinggi dibandingkan facebook karena Lebih banyak orang melakukan pencarian di youtube ketimbang di Facebook itu sendiri. Kalau Anda mengincar audience yang demografi nya itu. adalah anak muda. maka instagram dan snapchat akan jadi pilihan yang tepat di Indonesia. Snapchat belum terlalu populer sehingga saya lebih merekomendasikan Anda bermain di. Instagram. Kalau Anda masih kesulitan untuk memilih sosmed yang mana yang harus anda fokuskan di bisnis Anda tinggalkan komentar dan saya akan berusaha menjawabnya.

TIPS KE 2. mulai bikin konten. Tapi saya kan gak punya follower,  Kenapa saya harus bikin konten, siapa yang peduli dengan saya?. Mindsetnya itu coba di ubah justru karena Anda tidak punya followers maka Anda harus bikin konten. Karena justru Anda tidak punya konten lah makanya Anda tidak punya yang namanya followers. Anda bisa mulai dari bikin profile yang menarik di akun sosmed Anda. dengan singkat dan jelas, untuk menjelaskan kepada orang lain. siapa Anda ataupun bisnis Anda. tidak ada alasan buat orang lain untuk follow Anda. Kalau orang lain itu tidak tahu siapa Anda. Anda juga bisa menjelaskan tentang benefit apa. yang akan orang dapatkan. Jika mereka mem – follow akun Anda. Jadi,. mulailah dengan melengkapi profile akun sosmed Anda. Kemudian lanjutkan untuk membikin konten. Kalau Anda tidak tahu konten seperti apa yang harus Anda bikin. Cari tahu siapa kompetitor Anda di Social network tersebut dan kemudian Modelling mereka. Misalkan jika Anda adalah Founder dari Louis Vuitton Maka kompetitor Anda adalah GUCCI, Michael Kors dan kawan – kawan. Nah.. Anda bisa liat seperti apa konten yang mereka bikin. Konten mana yang disukai. oleh die hard fans mereka mana yang tidak dan Anda bisa mendapatkan inspirasi dari sana. Kalau Anda tidak. tahu bagaimana caranya bikin konten. Anda bisa mulai dengan nulis status. ataupun. record video singkat. untuk menceritakan apa yang sedang. Anda lakukan. ataupun menceritakan sesuatu itu juga merupakan konten dont over complicated things.

TIPS KE – 3. Bangun yang namanya relasi. setelah bikin konten yang harus Anda lakukan adalah membangun relasi dengan manusia, pastinya. Meskipun Anda ada di balik layar komputer atau pun smartphone. Bukan berarti Anda tidak perlu membangun relasi. Pada dasarnya Anda tetap berinteraksi dengan yang namanya manusia. Pastikan Anda follow orang yang Anda kenal. Anda interaksi dengan mereka dan bangun relasi dengan mereka. Kemudian Bagaimana cara yang elegan dalam membangun relasi. Anda bisa search. Siapapun yang update status di niche Anda. dan Anda tinggalkan komentar disana untuk sekedar. say hello. atau jika ia butuh. jawaban. dan Anda bisa membantu nya maka Anda jangan segan – segan untuk. membantunya. atau bahkan ketika Anda posting di channel Anda sendiri. dan ada yang meninggalkan komentar di konten Anda. Respon. balas komentar mereka. Anda harus berinteraksi dengan. mereka. dari pengalaman saya ketika Anda engage dengan audience Anda. Maka mereka akan terus kembali ke channel Anda. dan menjadi die hard fans Anda. Mereka akan menjadi followers yang setia buat Anda. Jadi tidak ada gunanya kalau Anda punya. followers 100 Ribu atau 1 juta followers. tapi ternyata Anda tidak berinteraksi dengan. mereka. ini ada hubungannya dengan. tips ke empat yang akan saya bagikan.

TIPS KE – 4. Jangan fokus pada jumlah Followers. Karena untuk bisa berhasil di sosial media. Anda harus punya interaksi yang kuat. Anda harus punya hubungan yang intim dengan. follower – followers Anda. Kalau Anda saat ini meskipun cuma punya 100 followers dan ternyata mereka semua itu tidak Engage dengan Anda Maka Algoritma. Sosial media akan menandai akun Anda bahwa. Konten Anda itu kemungkinan tidak menarik. Karena engagement nya rendah. Sama seperti kalau Anda punya 1 juta followers. dan ternyata cuma 1000 orang yang engage dengan. konten – konten yang Anda bikin. Maka reach dari postingan – postingan yang Anda bikin itu akan menjadi. sangat rendah. Tidak heran kenapa banyak sekali artis atau selebgram. yang ketika mereka ngepost itu sedikit sekali. interaksinya. meskipun followersnya itu sudah. ratusan ribu bahkan. jutaan. Meski followers Anda cuma 100 orang. tapi ketika Anda nge-post, ternyata banyak yang. Maka postingan Anda itu tetap akan punya kemungkinan. viral lebih tinggi dibandingkan dengan. akun – akun yang. postingannya itu rendah engagement nya. jadi kuncinya bukan di seberapa banyak. followers Anda. Tapi di seberapa banyak. die hard fans. yang ada di akun Anda. Bonus tips dari saya. Jangan jualan di 1 sampai 3 bulan pertama Anda. Kalau Anda buru – buru jualan. ketika Anda baru saja bikin akun Instagram, misalkan. itu seolah – olah seperti. Anda nenteng keranjang belanja. ke sebuah komunitas baru. Kemudian Anda tanya ke orang – orang yang ada di Komunitas itu. Eh.. ehh mau gak beli dagangan saya. Kurang lebih seperti itu Kira – kira dagangan Anda akan di beli oleh orang – orang tersebut atau nggak?. Anda bisa jualan dengan menggunakan iklan berbayar sebenarnya. Kalau pun Anda mau ya. dan memang conversion rate nya itu tidak akan se tinggi. Kalau misalkan Anda sudah membangun Relasi dengan Audience Anda. thats why saya sarankan Anda sharing konten terlebih dahulu. Bangun relasi yang baik. Baru kemudian Anda promosikan bisnis ke. follower – followers sejati Anda. Thats it

Cara Memilih Partner Bisnis! Apa saja?

Cara Memilih Partner Bisnis! Apa saja?

Hai hari ini Saya akan membahas 3 langkah. memilih bisnis partner. memilih bisnis partner itu sangat. trikie atau sangat sulit. kenapa sulit? yang pertama. business partner itu sering kali enak di awal. belakangnya nggak enak yang kedua banyak sekali. orang tidak memiliki strategi. ketika memilih business partner. dan efeknya adalah banyak yang pecah. di belakang. so apa contoh problem dengan business partner. yang pertama business partnernya tidak sejalan. dengan Anda, tidak kualifikasi. sama dengan Anda. hanya punya uang tetapi. tidak bisa memberikan kontribusi. komitmen skill atau. mungkin hal-hal lainnya. so, gimana cara memilih business partner yang efektif.

so.. apa yang bikin business partner itu tidak efektif. atau tidak berjalan yang pertama adalah karena tidak. bisa merekontribusi yang sama tidak punya skill yang sama. tidak punya komitmen yang sama. tidak memiliki level yang sama. tips yang pertama untuk memilih business partner adalah. cari yang memiliki nilai-nilai yang. sama, nilai-nilai artinya apa? Anda. dengan business partner Anda punya kepentingan. yang sama memiliki, nilai-nilai. penting yang sama, apa contoh nilai-nilai?. hal-hal yang penting buat Anda dan penting buat Partner, contoh. apakah penting untuk. mendiskusikan keputusan sebelum. keputusan itu di role out di eksekusi. kalau tidak penting maka, kalau penting. salah satu melanggar pasti akan terjadi konflik. misalnya contoh lain, apakah? investasi pengunaan uang kemudian. menyimpan uang. mengambil keputusan-keputusan yang berkaitan dengan uang. itu penting untuk dibahas atau dipercayakan. kepada satu orang dan ini adalah bagian. yang menurut Saya sangat utama. ketika memiliki. business partner so tips yang pertama Anda harus. memiliki kesamaan nilai-nilai dengan. business partner Anda.

Yang kedua pilihlah partner. yang bisa memberi nilai tambah untuk business Anda. Anda bisa saja menemukan business partner yang. punya uang tetapi tidak punya skill. atau punya uang tapi tidak punya network. atau ada sebaliknya yang punya skill. tapi tidak punya uang, sehingga tidak. balance antara Anda dengan partner. Anda harus memilih business partner. yang seimbang. Minimal bisa memberikan kontribusi terhadap. bisnis Anda, bisa memberikan nilai tambah kepada business Andathats number 2. Ini yang ketiga, jangan pilih business partner. yang punya. personal emosional boundaries. yang punya problem pribadi lalu kemudian. Anda ajak berbisnis, ada banyak. business partner di luar sana yang sebenarnya banyak diluar sana. nggak ada maslah dengan businessnya tapi masalh dengan. pribadi, dengan istrinya dengan keluarganya. dengan anaknya mungkin atau bahkan. dirinya sendiri. 3 hal itu akan membuat Anda memiliki. business partner yang lebih langeng. Salam pencerahan.

Cara Tingkatkan Profit Tanpa Harus Lipatkan Omset

Cara Tingkatkan Profit Tanpa Harus Lipatkan Omset

Anda punya profit issue Dan Anda mau meningkatkan profit. Kita nggak ngomong cara mendapat omset baru. atau meningkatkan omset. Tapi antara omset dan profit, Anda melihat banyak inefficiencies. Jadi bagaimana si, Anda bisa meningkatkan profit tanpa meningkatkan omset?. Nah, ayo kita bahas sama-sama. Karena sering kali yang kita lakukan dulu para coaches di sini adalah menganalisa. your profit and cash sebelum kita coaching Anda untuk marketing dan segala macem. Karena kadang-kadang. marketing strategies itu perlu waktu, perlu trial and erorr segala macem dan investasinya lebih tinggi. Tapi, at the end of the day what matters to you adalah bottom line and cash.

Jadi, di sinilah kenapa kita mulainya profit. So, profit. Apa 4 hal yang menyebabkan profit Anda bisa turun atau naik. nomor 1 adalah kita bilang ini the four M set profit. Nomer 1 adalah your management decision . Your management decision. ini penting banget ya. Karna Anda bilang ya itu duit bisa keluar, Anda nggak bilang apa-apa itu duit bisa nggak masuk. jadi management decision juga contohnya begini “apakah ada team member yang Anda biarin aja di situ. biarpun mereka tidak menghasilkan dan mereka mengambil gaji terus dan itu sebetulnya profit. Tapi tidak mengembalikan dari sisi produktivitas atau revenue. Jadi di situ kalau managementnya nggak tegaan. Nggak bisa make hard decision , nggak mengukur KPI, yang sering kali Anda wasting money di situ. Another management decision adalah sewa, rental, keputusan-keputusan investasi, keputusan beli barang. ini banyak banget management decision di sini.

Jadi management decision is the first area kalau Anda mau mengimprove profit. the second M adalah how you manage your money. Nah managing money ini, dampaknya banyak. Contohnya begini, ada suatu kasus di mana dia nggak bisa managing cash flow. Nah karena cash flow itu tidak bisa di manage. Jadi piutangnya banyak, dia bayar supplier on time. Tapi tidak menerima pembayaran on time dan dia nggak pernah managing itu, in and out of moneynya. Akhirnya yang sering adalah bank account dia tuh sering kering dan mereka harus pinjem duit dari investor. pinjem duit dari bank, and everything like that. Jadi kalau Anda pinjem duit, itu pasti ada interestnya kan?. Ada cost of landing money. Jadi di situ Anda akan lebih turun profitnya. Karena, Anda harus bayar banyak interest. Jadi, how manage your money is really important. Jadi, yes offcourse you have your PNL, you juga punya cashflow statement. Tapi mungkin harus ada laporan-laporan sampingan seperti, how do your manage piutang, how do your manage account spyable.

Bagaimana cara Anda juga monitor a score board. Angka-angka yang Anda harus perhatikan. Apalagi kalau Anda produksi, kalau Anda banyak karyawan, kalau Anda service. Service industry kaya high profit, low cost itu kadang we take for guaranteed ya. Bagaimana caranya kita. menggunakan money juga. Jadi, laporan-laporan kecil seperti itu juga Anda harus bikin. Supaya Anda bisa. monitor how manage your money. How do you do your marketing ? are you wasting money on marketing ? Kadang-kadang kalau Anda nggak mengerti 5 ways formulanya. Action coach yang bisa Anda lihat di video lain. Anda bisa jadi mencari strategi marketing yang salah untuk masalah Anda. Contohnya, di dalam satu coaching session. Saya masih ingat ini klien saya pertama. Waktu itu masih ada yellow pages ya. Dia di coaching session ini dia bilang, bu saya mau investasi 50 juta untuk iklan yellow pages yang kotak. Saya bilang oke lets take look at that. Sekarang Anda itu dapet berapa leads sih dari iklan yang tahun lalu ? nol. Jadi, iklan yang tahun ini Anda nggak punya cash flow. Jadi Anda nggak punya cash flow untuk beli barang. Anda mau invest 50 juta. which is for that business itu cukup besar, ya. Untuk iklan yang sia-sia, why?. Jadi, again that kind of thing . Karena teman-teman saya beriklan di yellow pages. Saya harus iklan di yellow pages. If everybody is doing it, it’s gonna be the right strategy, right? no. Because most people in the business world tidak tahu cara menghitungnya. Jadi, jangan ikut-ikut most people juga kadang-kadang. Tapi, marketing the wrong strategiest wasting money tidak mendapatkan return of investment. Jadi, Anda punya cash flow. surut membayarin marketing-marketing strategy yang aneh dan tidak menghasilkan. Ya, tapi Anda nggak tahu itu nggak menghasilkan. Karena tidak pernah di ukur. Anda juga punya excuse nantikan branding, ya itu sering banget kita denger. Jadi pokoknya ini marketing strategy ini yang perlu diperhatikan. dan this is one my favorite the last M adalah merchandise.

How do you manage your inventory?. Bagaimana caranya Anda memilih merchandise apa yang Anda mau jual. Service juga in the plans. Kalau Anda di service bisnis, service apa yang profitable. high profit, high turn over product and services. Apa yang mau Anda jual? whats A product, B product. C product, D product. Waktu saya kerja di multinasional coorperate, ini saya tanggung jawab saya ini dua kali ya. Di Jakarta maupun di Singapur. Tanggung jawab saya adalah meng get rid of produk produk dan service-service yang tidak profitable. Di situlah kenapa dalam satu tahun, satu stengah tahun profit kita bisa dari lima tahun nggak berprofit ria. sampai langsung mantep, why? because we choose did this, product selection. Di Indonesia we got real 75 SKU.

Kalau di Singapura, we didn’t get rid of product, we got rid of the customers. Jadi pemilihan customers yang lebih profitable itu. juga sangat penting ya karena customer is king, well only if they or only if their profitable. So merchandise di sini juga sangat penting. Saya sering kadang-kadang ya ke gudang, ke gudang kliennya saya itu. Saya mau melihat gitu cara mereka nata gudang bagaimana. Is it easy to find your product. Apakah mungkin ada dead stock slow stock yang tidak terorganize dengan baik. Mungkin ada dead stock slow stock ini juga your cash flow. yang Anda butuhkan itu, yang bank account Anda kering. Seandainya Anda tahu siapa yang dead stock, mana yang slow stock. Anda bisa punya strategi untuk chasing them out. Anda juga bisa masukin ke strategi ini. So, anyway ini cuman video singkat . Tapi saya mau sharing aja karena nggak semua-muanya kalau Anda mau better bisnis itu. tentang revenue. Ya nggak semua-muanya tentang how to get more client, how to do marketing. Semoga ini sudah bermanfaat

Strategi Pemasaran dan Peranan Brand

Strategi Pemasaran dan Peranan Brand

Jika kamu selalu mengikuti berita perkembangan teknologi, mungkin kamu cukup familier dengan fenomena. antrean panjang di Apple Store setiap kali versi iPhone terbaru dirilis. Ribuan orang di seluruh dunia rela mengantre berhari-hari. demi menjadi yang pertama memiliki iPhone tercanggih. Mungkin hal ini membuat kamu bertanya-tanya:. “Mengapa fenomena ini hanya terjadi pada smartphone milik Apple dan tidak pada merek lain?. Dan mengapa smartphone milik Samsung, LG, dan yang lainnya tidak mendapatkan perlakuan yang sama, padahal smartphone pada umumnya memiliki fungsi yang sama?”.

Teman-teman, sebenarnya pada saat itu kamu sedang menyaksikan bagaimana sebuah brand bekerja. Secara sederhana, brand merupakan “wajah” perusahaan. yang menjadi pembeda antara sebuah produk dan yang lainnya. Tetapi dalam prakteknya, brand memiliki peranan yang lebih luas. Sebuah brand memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan belanja konsumen. Tanpa adanya presensi brand yang kuat, produkmu akan tenggelam di lautan produk yang menawarkan pengalaman serupa. Brand yang baik akan mampu meyakinkan konsumen. bahwa produk mereka memiliki perbedaan yang berarti dibandingkan produk sejenis. Untuk membuktikannya, kita bisa menyaksikan rivalitas yang terjadi. antara dua merek minuman ringan terkemuka di dunia:. Pepsi dan Coca-Cola. Sejak awal kemunculannya, masyarakat selalu memperdebatkan merek mana yang memiliki rasa lebih enak. Namun, sebuah makalah ilmiah yang dipublikasikan oleh ScienceDirect di tahun 2004, mengungkapkan hal yang cukup menarik. Penelitian yang dilakukan oleh Baylor College of Medicine ini. dilakukan dengan meminta sejumlah konsumen melakukan blind test terhadap Pepsi dan Coca-Cola.

Dalam beberapa percobaan, konsumen secara konsisten memilih Pepsi sebagai minuman favorit mereka. Namun saat dilakukan tes serupa. dengan terlebih dahulu memberitahu merek minuman ringan yang dikonsumsi, Coca-Cola menjadi pemenangnya. Uji coba tersebut membuktikan besarnya pengaruh yang diciptakan brand pada produk yang kamu jual. Konsumen memutuskan untuk memilih Coca-Cola karena pengaruh brand, meskipun secara jelas mereka memilih Pepsi ketika hanya faktor rasa yang diperhitungkan. Hasil ini tidak mengherankan jika melihat valuasi brand Coca-Cola yang mencapai US$73 miliar. Mungkin saja konsumen berpikir bahwa kualitas produk. merupakan faktor penentu dalam memutuskan membeli sebuah produk. Tetapi secara tidak sadar, keputusan pembelian tersebut sangat dipengaruhi. oleh gencarnya pemasaran yang dilakukan perusahaan. demi meningkatkan presensi brand mereka.

Sebuah brand juga memberikan kesan eksklusivitas bagi konsumen. Saat seorang konsumen memilih sebuah produk berdasarkan brand, secara tidak langsung ia telah bergabung ke dalam sebuah klub. Seperti halnya klub sepak bola, seorang suporter akan berjuang mati-matian dalam mendukung tim favoritnya. Maka, tidak jarang kita melihat gamer PlayStation dan Xbox. beradu pendapat tentang platform game mana yang terbaik. Siapa yang diuntungkan dari hal tersebut?. Tentu saja perusahaan. Peran lainnya yang tidak kalah penting adalah brand mengasosiasikan sebuah produk dengan karakteristik dan sifat dari brand itu sendiri. Mari kita kembali mengambil Apple sebagai contoh. Sejak awal kemunculannya di tahun 1976 hingga akhir abad ke dua puluh, Apple dikenal sebagai perusahaan komputer. Saat itu produk-produk Apple diasosiasikan sebagai produk yang keren, eksklusif, dan inovatif. Sifat-sifat ini melekat pada brand Apple serta produk-produk yang dirilis olehnya. Maka ketika Apple meluncurkan pemutar musik iPod, konsumen juga mengasosiasikan iPod sebagai produk yang keren, eksklusif, dan inovatif. Inilah alasan terjadinya antrean panjang iPhone di seluruh dunia. Sifat dan karakteristik dari brand Apple sudah sangat melekat di benak konsumen. Sehingga apapun produk yang dirilis oleh Apple, selama produk tersebut memiliki logo apel digigit, orang-orang akan melakukan apapun demi mendapatkannya. Kini kamu telah mengetahui pentingnya peranan brand bagi perusahaan. Apa pendapatmu mengenai fenomena antrean panjang untuk iPhone ini?. Mari berdiskusi lewat kolom komentar.

Cara Memulai Bisnis Kecil di Rumah

Cara Memulai Bisnis Kecil di Rumah

Halo pengusaha Indonesia kita harus maju. di sini saya akan membagikan cara memulai bisnis kecil di rumah. Anda memiliki peternakan kecil di rumah, rumah Anda jauh dari perkotaan, jauh dari jalan raya. bahkan jauh dari konsumen, itulah yang pernah saya rasakan. maka saya menemukan kesempatan ini yang akan saya bagikan kepada Anda. bisnis ayam hias saya. di mana hobinya tidak mengenal harga. harganya bisa sangat tinggi dan bisa sangat rendah. tapi saya akan membagikan bisnis yang menguntungkan. cara memproduksi, kami menyediakan kandang dan menyediakan minum. menyediakan kandang untuk produksinya. setelah itu kita tunggu saja hasilnya. setelah menetas kita dapat memasukkan ke kandang inkubator. setelah usia satu bulan pindah ke pena pembesaran dan dijual seperti ini. harganya cukup menjanjikan dan masih banyak peminatnya. 2017-2018 Saya akan mengembangkan model ayam ini.

bagaimana pemasarannya? kita bisa menggunakan media online untuk model ayam seperti ini. Saat ini banyak penggemar ayam mencari informasi melalui media online. dan ini termasuk ayam yang mereka inginkan. bagaimana dengan transaksinya?. jika pembeli tutup kita bisa mengarahkan transaksi. bagaimana dengan pembeli yang letaknya jauh dan bahkan di luar pulau?. kita dapat mengarahkan rekening bank transfer atau kita dapat menggunakan akun dengan komunitas hobi ayam. ada beberapa komunitas ayam hobi yang menyediakan akun bersama untuk keamanan pembeli dan penjual. setelah transaksi apa yang dilakukan? kirim ayamnya ^ _ ^. untuk pengiriman kami dapat menggunakan layanan ekspedisi.

Layanan ekspedisi di Jawa saya biasanya menggunakan kereta. ayam dikirim dari stasiun terdekat saya ke stasiun konsumen terdekat. untuk luar Jawa saya biasanya menggunakan layanan kargo atau pesawat. sekarang banyak layanan kargo untuk pengiriman hewan. lebih praktis dan mudah. setelah konsumen menerima miliknya kita perlu menjaga kualitasnya. MENGAPA?. dalam bisnis ini kuncinya adalah pelanggan sebanyak mungkin. jangan hanya menjual sekali dan membuat konsumen kecewa. dan membuat nama baik kita rusak. jadi jaga kualitas, ingat menjaga KUALITAS !!. terima kasih telah menonton video saya. ini adalah video singkat tentang bisnis ayam dari kontes. untuk lebih jelasnya bagaimana PRODUKSI, PEMASARAN, TRANSAKSI, PENGIRIMAN. jaga semangat kewirausahaan.

Tips Beriklan Facebook Ads

Tips Beriklan Facebook Ads

Di artikel kali ini saya ingin sharing bagaimana cara kita beriklan facebook ads, dengan produk selang air. dan ini dia, cara saya beriklan di facebook ads. this is my funneling. jadi di video kali ini saya tidak akan menerangkan. maksudnya apa itu facebook ads, apa itu menu-menu facebook ads, masing-masing menu mempunyai fungsi apa saja. jadi saya tidak akan membahas teknisnya. mungkin di video yang lain. disini saya akan sharing bagaimana langkah-langkah beriklan facebook ads. tentunya beriklan itu harus disertakan dengan budget. no budgets, no ads. kalau mau beriklannya tanpa pake budget namanya gratisan. dan metode gratisan itu, untuk mencari sebuah traffic, diperlukan usaha yang lebih banyak. ok, sekarang didepan saya sudah ada sebuah notepad. notepad ini dia langkah-langkah pertama. biasanya saya suka sekali membuat sebuah video. kenapa?. karena membuat sebuah video itu. kita bisa mengukur durasi atau seberapa banyak traffic yang lihat video kita. jadi iklan pertaman yang saya pasang pasti namanya video views.

Berapa lama durasinya. durasinya biasanya saya memakai. video itu memiliki durasi. 45 detik ya. ini kegemaran saya. maksimal. maksimal bisa sampai 60 detik. 60 detik ya. kenapa harus 60 detik? lebih boleh? boleh. cuman 60 detik itu adalah sebuah batas yang di tentukan oleh instagram. jadi jika temen-temen mau beriklan facebook ads. di instagram. maka syaratnya. maksimal itu hanya sampai 60 detik. ya lanjut. nanti setelah saya beriklan dengan video views. saya akan mendapatkan traffic orang-orang yang menonton video saya ya. jadi seberapa banyak orang yang menonton video saya, ini filteringnya. seberapa banyak orang yang nonton sebanyak 3 detik, yang nonton 10 detik berapa. 50% berapa, yang nonton 75% berapa, 95% berapa. nah yang paling bagus tentunya yang 95%. karena ini biasanya orang yang nonton 95% berarti dia memiliki ketertarikan terhadap video yang sudah saya buat. lalu setelah mendapatkan traffic ini misalkan ya. 3 detik nya ada 500 orang. 10 detiknya ya makin lama bisa makin turun ya. saya senang sekali. membuat fitur. yang artinya. bukan yang artinya ya, yang singkatannya look alike audience. yang artinya. facebook akan mencari orang-orang yang memiliki kesamaan dengan type custom audience ini. ini namanya custom audience ya. jadi kita sudah punya 5 custom audience. berapa angka yang disarankan. untuk membuat look alike audience. semakin cesar angka yang kita peroleh maka akan semakin akurat data. type konsumen yang tertarik dengan video yang sudah kita iklankan.

Makin gede angkanya. jadi kalau angkanya masih kecil, maka mungkin kurang akurat. angka yang disarankan untuk mebuat look alike audience adalah 1000. sebelum 500 saya belum buat look alike audience. yang paling keren tentunya. ita membuat LAA itu dari yang. tapi utnuk mencapai angka 500 ataupun 1000. sangat susah, makanya kita bangun bertahap. jadi bikin LAA dulu dari yang misalnya 3 detik. kemudian kita crosscek lagi. oh berapa nih custom audiencenya. sekarang tentunya degan kita beriklan itu sudah pasti naik angkanya. misalnya diangka berapa ya. ya dikit lagi ya,misalnya seperti ini. oh iya sebelum saya lanjut ini ada yang ketinggalan. mengenai targeting di awal. jika teman-teman masih bingung argeting diawalnya harus type konsumen yang seperti apa. bisa targeting berdasarkan interest. tapi targetingnya broad. dimana broad itu engga terlallu spesifik. misal temen-temen pengen. ok lah saya ya. saya kan jualannya selang air ya. nah selang air ini saya targeting ke petani, ke kontraktor ya. jadi targetting broad itu:. itu kalau gak kebayang. ta[pi kalau udah kebayang bisa lebih spesifik di narrow ya. misalnya petani yang di desa. petani yang dimana gitu ya. general kontraktor. ini kalau lebih spesifik. nah setelah kita beriklan dengan targeting seperti ini. barulah kita memiliki custom audience yang seperti ini. tentunya beriklan itu harus dengan budget ya, dan kita harus mengetahui. bahwa video yang sudah kita buat itu bagus apa jelek. kalau videonya jelek, temen-temen terusin iklan. makan akibatnya akan makin rugi. atau istilahnya boncos. boncosnya makin gede. tapi kalau videonya bagus. videonya bagus,kita bisa lihat dari relevan score. relevan score ini menunjukan videonya bagus apa jelek. kita bisa lihat dibagian ads ya. kalau relevan scorenya tinggi, atau diatas 7lah ya. itu biasanya bagus. apa lagi kalau CTR nya juga bagus. CTRnya diatas 5%. click to web. apa ini CTR.

jadi kalau orang yang ngeliat iklan kita, dia akan langsung mengkllik. semakin banyak orang-orang yang seperti itu. maka menunjukan bahwa mereka tuh tertarik dengan iklan yang kita pasang. ok ya kita balik lagi, alurnya kita maju lagi kedepan. LAA dari 95% ini. lalu ceritanya kita pengundian data yang baru nih ya. hasilnya ini. hanya saja. kalau 95% itukan berarti sudah mendekati orang-orang yang sangat tertarik dengan iklan kita. kita akan menugaskan facebook. untuk mencari orang-orang yang seperti itu. video views, iklannya lebih murah ketimbang kita memasang iklan type conversion. karena kualitas orangnya juga beda. makanya iklan type ocnversion lebih mahal. kita pasang dulu yangn murah untuk mendapatkan data orang-orang, yangn ujung-ujungnya kita menemukan orang yang tepat. setelah menemukan orang yang tepat. barulah kita pasang iklan. orang yang tepat, maksudnya yang seperti ini ya, yang 95% ini. setelah menemukan orang yang tepat baru kita ubah. dari type video views ke conversion. dari pengalaman yang sudah saya coba. cara seperti ini lebih irit biaya, ketimbang dari awal-awal, kita langsung hajar di conversion. jatuhnya jadi lebih maha, karena kan conversion itu kan mencari orang yang membeli. beda dengan video views memang mencari orang-orang yang tertarik dengan nonton. yang nonton video kita ya. jadi dari situ aja sudah beda, kualitasnya juga beda. orang yang nonton sama orang yang beli. kalau orang yang beli, udah pasti mereka keluar uang makanya kualitas orangnya lebih mahal.

Ssetelah kita mengubah type iklan conversion. sistem audiencenya itu. ya ini. barulah kita beriklan. biar lebih irit. biasanya saya lebih prefer biasanya saya memasang iklan di mobile ketimbang dekstop. jadi iklan hanya tampil di orang-orang yang membuka facebook lewat handphone/mobile. biasanya begitu ya. orang akan cenderung buka facebook tuh dari handphone. hanya saya targetingnya dari handphone aja. oh iya. jika kita sudah mempunyai custom audience. dari LAA 95%. yang kebetulan. keti ulang ya. saya targetting untuk custom audience. yanng tertarik dengan prodouk selang air. saya bisa beriklan. dengan custom audience yang LAA 95% ini misalnya. barang-barang yang berhubungan dengan selang air misalnya paralon, pipa pvc, atau misalnya fitting pvc. itukan ya mirip-mirip gitu, barangnya sejenis. sama-sama dipake oleh orang-orang yang mereka-mereka itu kontraktor gitu ya, farmer. tapi sebelumnya kita sudah menargetkan. orang-orang type broad ini belum tentu targetting kita benar ya. tapi kalau kita sudah mempunyai data cudtom audience seperti ini. maka kemungkinan akan lebih akurat. orang-orang yang tertarik dengan produk kita. dan itu dia tips dari saya. bagaimana cara saya beriklan facebook ads untuk type selang air. yang sudah saya bahas ini adalah langkah-langkah atau funneling. bagaimana cara saya beriklan di facebook ads. mungkin ini yang saya terangkan ini cuman langkah-langkahnya aja bukan teknisnya. untuk masalah teknis saya akan terangkan di video yang lain. ok guys sampai jumpa di Artikel berikutnya, bye-bye.

Kenapa Customer Journey Penting untuk Anda Pahami

Kenapa Customer Journey Penting untuk Anda Pahami

Kenapa customer Journey penting untuk Anda pahami. Oke.. jadi customer journey itu berbicara tentang bagaimana perjalanan. Si calon pembeli. Mulai dari mereka. hingga mereka. dan akhirnya mereka. Oke.. Kenapa itu penting?. karena dengan mengetahui posisi dimana mereka berada. Maka Anda bisa menyampaikan. Pesan. Yang cocok, yang sesuai dengan kondisi mereka pada saat itu. Jadi di Customer Journey ada yang namanya. COLD TRAFFIC. Kemudian ada yang namanya. WARM TRAFFIC. Ada yang namanya. HOT TRAFFIC. Jadi, Cold Traffic adalah. traffic atau pengunjung yang dimana. Orang tersebut itu sama sekali belum tau apa sih masalah mereka. Mereka. masih unaware dengan problem mereka.

Oke, mereka juga belum. belum kenal, belum tau, siapa Anda. Tapi ketika mereka berada di Warm. itu artinya mereka itu setidaknya. Sudah pernah melihat Anda. Mereka sudah. tau masalah mereka. hanya saja mereka belum menemu. solusinya. Ya.. mereka belum menemukan solusi nya. Kalau di hot. Biasanya adalah mereka sudah. tau siapa anda, sudah. tau. Anda bisa membantu mereka. mereka sudah. tau apa solusinya. Hanya saja mereka belum. Membeli atau take action untuk. Belajar dari Anda. Nah saya kasih contoh. Ya.. misalkan Anda bermain di. Market “Internet Marketing”. Kemudian submarket nya itu adalah Facebook Ads. Kemudian. Anda itu bermain di Blue Ocean Niche ya. di niche yang blue ocean. Misalkan Facebook Ads untuk. Pedagang. Grosir. COLD TRAFFIC ini. adalah para pedagang Grosir yang. Belum tau apa masalah mereka. Mereka cuma tau jualan mereka sepi, tapi mereka ga nemu. Permasalahannya dimana. Bahkan mereka sama sekali belum tahu ada. masalah di bisnis mereka.

WARM Adalah keadaan dimana mereka sudah. melihat Iklan Anda. dan mereka sudah tahu Facebook Ads adalah. kunci. atau jawaban dari permasalahan mereka. hanya saja. Mereka belum. action. tapi mereka sudah menunjukkan bahwa mereka punya. Minat. untuk mencoba Facebook Ads ini. Nah Kalo Hot. adalah keadaan dimana mereka itu. sudah. Tahu. Apa yang menjadi. Permasalahan mereka. dan mereka sudah tahu kalau Anda bisa membantu. mereka. hanya saja mereka belum membeli dari Anda. Funnel yang bisa di scale itu adalah. Funnel. Ke. COLD TRAFFIC. Oke, karena cold traffic itu. Banyak sekali orangnya disana. dan Anda juga bisa punya funnel ke. warm dan hot traffic. hanya saja funnel warm dan hot ini untuk bisa. mengkonversi visitor menjadi. Pembeli. Maka Anda butuh. Kalau Anda sudah paham tentang Customer Journey. Maka Anda. Seharusnya punya beberapa funnel yang berbeda. Funnel yang berbicara. yang pesannya itu. Berbicara untuk si. Cold traffic itu sendiri. Kemudian. ada lagi funnel yang berbicara untuk. warm dan hot traffic itu sendiri. Oke, saya kasih contoh, misalkan. Di Alona. Kita.. punya funnel sendiri untuk. Cold Traffic. Ya.. Jadi. Funnel itu. Kita berbicara tentang bagaimana caranya. mereka bisa mendapatkan penghasilan dari online. Nah setelah mereka di edukasi di bagian. Sini (Cold Traffic).

Maka kita akan masukin mereka ke. Funnel bagian warm dan hot. yaitu funnel yang berbicara tentang. Bagaimana Dropshipping itu bisa mendatangkan penghasilan. Jadi kita tidak langsung berbicara tentang dropshipping di depan, karena. Orang tidak akan tau apa sih itu dropshipping. orang awam itu gak akan ngerti tentang dropshipping. Nah kemudian. setelah mereka. Ngerti.. Oh. ternyata saya bisa mendapatkan penghasilan dari online. baru kemudian di edukasi dengan dropshipping. baru kemudian. kita arahkan lagi ke funnel berikutnya, misalkan. Kita. Ngajarin mereka untuk. melakukan pemasaran di instagram dan facebook advertising dan lain sebagainya. jadi. Kita benar – benar siapin funnel. Untuk Cold Traffic. kemudian juga untuk warm dan hot traffic. So, anda harus benar – benar. Memahami. tentang. customer journey ini. agar Anda bisa menyampaikan pesan yang tepat. Karena hasilnya akan. Sangat. Berbeda. Oke, Anda bisa mencoba nya. See You in the next Artikel.

Apa itu Sales Funnel?

Apa itu Sales Funnel?

Kali ini, Saya akan membahas tentang. Apa itu Sales Funnel?. dan kenapa Anda harus punya Sales Funnel?. Oke. Kalau Anda sudah tonton Video Saya yang sebelumnya. Ya. Anda pasti tahu siapa yang. harus Anda Layani. Kemudian dimana Anda bisa menemukan Mereka. Yang akan Anda ajak untuk menjadi mitra bisnis Anda. Kemudian Umpan seperti apa. yang harus Anda gunakan untuk menarik perhatian mereka. dan bagaimana Anda bisa membantu mereka. Ya.. kemana Anda akan membawa mereka. Oke. Kalau misalkan Anda belum tonton Videonya. Saya sarankan Anda Stop Video ini dulu. Ya.. tonton Video tersebut. terlebih dulu. Agar Anda. Lebih bisa memahami apa yang akan Saya sampaikan. di dalam Video ini. Linknya ada di atas. Silahkan kunjungi. Link tersebut untuk menonton Video. tersebut dulu. Oke. Selain itu Saya juga sudah menjelaskan. tentang sebuah konsep. yang namanya konsep Value Ladder. Konsep dimana. Anda bisa menemukan produk atau jasa apa. yang bisa Anda tawarkan di bisnis Anda. agar customer bisa flow dari gerbang. depan sampai ke gerbang belakang. untuk mengambil penawaran demi penawaran. yang Anda tawarkan di setiap. Level. Kalau misalkan Anda belum tonton tentang.

Artikel saya tentang konsep Value Ladder tersebut. Anda bisa menontonnya di. Link di atas sini. dan.. sekarang Saya akan bahas tentang. apa itu Sales Funnel. dan bagaimana peranan Sales Funnel di bisnis Anda?. di realitanya. Saya pastinya mau semua customer Saya itu. Mengambil penawaran tertinggi dari Saya. Pasti. Tapi nyatanya hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi. Ya.. karena Saya belum membangun Trust. Saya belum membangun hubungan. Saya belum membangun sebuah. Kepercayaan yang mendalam. dengan. Calon Customer Saya tersebut. Belum tentu juga offer tertinggi dari Saya itu. Cocok untuk mereka. Sehingga Anda butuh offer yang bervarian. Ya.. di dalam bisnis Anda. Anda tidak bisa cuma punya satu. Offer dengan harga tertinggi saja. Ya.. Oleh karena itu. Sales Funnel dalam hal ini bisa membantu Anda. Apa yang bisa Sales Funnel lakukan buat Anda?. Sales Funnel itu bisa mendeliver. Value yang Anda berikan. Ke setiap Customer Anda. di Level yang berbeda beda. Ada Customer yang bisa. Mengambil. Penawaran dengan harga mahal. dari Anda. Tapi ada juga customer yang hanya sanggup. Mengambil penawaran. dengan harga rendah dari Anda. Dengan begitu Anda akan tetap bisa. mendapatkan penghasilan dan profitable. sambil perlahan menemukan. Siapa calon klien impian Anda. yang sanggup mengambil.

Offer tertinggi dari Anda. Mari Saya kasih gambaran tentang Sales Funnel. Jadi Sales Funnel itu. Membuat orang – orang. Melewati sebuah proses yang namanya. Sales. Anda mendatangkan pengunjung. ke dalam Sales Funnel te rsebut. Kemudian. Tugas Anda adalah mengubah mereka. menjadi pembeli sebanyak mungkin. di bagian depan. tengah ataupun belakang funnel itu sendiri. di bagian paling atas dari funnel atau corong itu. adalah UMPAN. yang Saya gunakan untuk. menarik perhatian Customer impian Saya. Kalau Anda sudah paham. tentang konsep Value Ladder. yang sudah pernah Saya jelaskan sebelumnya. Maka Anda akan paham juga ini merupakan Umpan. yang ada di level pertama. di Value Ladder Saya. Ketika Saya menebar umpan di bagian depan. Maka akan ada beberapa persen orang. yang akan mengambil. penawaran Saya yang di bagian depan. itu sudah pasti. sama hal nya juga penawaran yang ada di tengah. Orang yang sudah mengambil beberapa penawaran Saya di depan. beberapa persen nya lagi akan mengambil. penawaran saya yang di bagian tengah.

Middle Offer Kemudian Begitu juga penawaran belakang. akan ada. beberapa persen orang yang sudah mengambil. Penawaran saya yang depan. Mengambil penawaran saya yang di middle. yang di tengah. Kemudian mereka akan mengambil penawaran. di bagian belakang. Ya.. hanya beberapa persen. Namun orang – orang yang mengambil penawaran. di paling belakang ini. itu adalah. Klien impian Saya. Nah, Saya akan memberikan perhatian lebih. Saya akan memberikan Pelayanan lebih. Pelayanan di level yang lebih intim kepada mereka. Karena mereka. merupakan customer impian Saya. atau Klien impian Saya. yang sudah mengambil offer tertinggi dari Saya. Kenapa Sales Funnel itu penting?. Dulu sewaktu saya. Memulai bisnis online. Saya beriklan itu murah. 100 ribu itu profit Saya itu bisa. sekitar 500 ribu sampai 1 juta. tapi semakin kesini semakin banyak orang. yang memulai bisnis online. Biaya iklan pun ikut naik. Belum lagi pembeli – pembeli yang dulu. loyal – loyal nya belanja semakin.

Sekarang semakin berhati-hati dalam belanja. karena munculnya banyak. Scammers, munculnya banyak. pedagang pedagang online yang kampret. yang tidak tahu menjaga ekosistem ini. dan sekarang akhirnya jualan tidak semudah dulu lagi. Banyak pemain lama yang dulu nya jaya. yang sempat Saya kenal. Mereka akhirnya sekarang hilang entah kemana. gonta ganti bisnis. gak jelas. Karena mereka tidak bisa menyesuaikan dengan. perubahan. yang terjadi di dalam dunia online ini. ya.. untungnya Saya ketemu mentor. Saya punya mentor yang mengajarkan. Bagaimana Saya bisa mengoptimalkan Sales Funnel. Bagaimana Saya bisa membangun Sales Funnel dengan. Offer – offer yang lebih. banyak variannya. Jadi kalau semakin banyak penawaran yang bisa. Anda berikan kepada Customer Anda. Maka Customer Anda akan semakin berharga buat Anda. semakin berharga Customer buat Anda. Maka Anda bisa. Menghabiskan lebih banyak. biaya iklan untuk mengakuisisi mereka. Catat ini. Setiap Produk yang Saya jual online itu. Pasti punya Sales Funnelnya sendiri. Setiap Customer yang mendarat di Sales Funnel itu. Mereka pasti akan mendarat di Satu halaman. atau minimal dua halaman. Sebelum mereka lanjut ke halaman checkout.

Kemudian Saya juga menjalankan Follow Up Funnel. untuk follow up mereka. untuk kembali mengambil produk atau jasa. yang saya tawarkan. Lewat Email dan media komunikasi lainnya. Jadi beda – beda Sales Funnel. Untuk Setiap produk yang berbeda. Salah satu buka yang kita berikan gratis. yang dimana Anda hanya perlu bayar ongkirnya saja. Saat ini sudah terjual lebih dari 10.000 pcs. itu adalah sebuah contoh yang sangat bagus. yang membuktikan konsep ini. Works. Beberapa persen dari orang yang mengambil buku tersebut. Akhirnya join menjadi Reseller kita. Kemudian beberapa persennya lagi itu akan. bergabung di kelas mentoring. yang kita adakan. dan beberapa persen lagi. kemudian akan bergabung di. di kemudian hari. juga akan ada segelintir orang. yang mengajak Saya untuk membangun Funnel buat bisnis mereka. untuk mendatangkan lebih banyak Calon Customer atau Leads. Ke bisnis mereka. Oke.. Sekian dari Saya. Untuk Video tentang Sales Funnel kali ini. Semoga Anda bisa memahami Sales Funnel. Selangkah lebih jauh. Semoga bermanfaat.

Tips Basic Instagram Marketing

Tips Basic Instagram Marketing

Saat ini saya akan membahas tentang basic instagram marketing. nah apa yang dimaksud dengan basic instagram marketing adalah. kita mempelajari semua basicnya, dasar-dasar yang akan kita gunakan. yang akan bisa bermanfaat bukan hanya di instagram saja, tapi bisa digunakan untuk media sosial lainnya. baik di website, di facebook dan media-media lainnya. saat ini saya akan membahas satu poin saja yaitu yang namanya. riset kata kunci. nah kenapa kata kunci itu begitu penting dalam dunia instagram. ataupun media sosial lainnya. karena semua pencarian yang dilakukan di media sosial, di website. ataupun di media lainnya, itu akan semua berdasarkan kata kunci. misalnya kita mencari pakaian, kita akan ketik apa di media pencarian tersebut. atau customer kita, calon customer kita mencari dengan mengetik apa. di media sosial ataupun di media lainnya untuk mencari barang atau produk atau jasa. yang akan kita jual.

Nah kalau di instagram sendiri, kita akan. ambil satu contoh deh, misalnya jual baju. nah jual baju ini. dia jual baju, baju apa? apakah baju muslim?. baju modern? baju korea? baju apa? atau misalnya Gamis dll. nah yang perlu diketahui adalah baju ini. orang akan ketik sebagai apa di media pencarian?. apakah baju, gamis. fashion. atau akan mengetik seperti apa di media pencarian itu?. kemudian apakah dia juga lebih mencari yang namanya baju anak. dan sebagainya?. kalau misalnya kita sudah tahu, oh customer saya carinya yang namanya Gamis Muslim. atau carinya fashion? atau carinya baju anak?. nah saatnya kita lakukan yang namanya Optimasi. di akun instagram kita. optimasi itu seperti apa sih?. optimasi akun instagram. okey, nah kalau kita buka di halaman Home instagram kita. kita akan menemukan yang namanya layar seperti ini. okey saya gambar sederhana saja ya, (Maaf tidak pakai screen recording langsung dari HP). di bagian atas sini ada namanya, nama akun anda. okey, nama akun. atau username. nah kemudian disini akan ada yang namanya jumlah post anda berapa banyak. disini followers anda berapa. Followers. nah disini following anda berapa. kalau ini post jumlah berapa banyak gambar yang anda post di instagram anda. kalau followers, berapa orang yang mengikuti akun instagram anda. dan following ini adalah berapa banyak akun instagram yang anda ikuti, oke sampai disini paham ya?. nah kemudian disini akan ada 2 kotak, disini biasanya Contact Us (Hubungi Kami). kita bisa ubah disini nanti di edit profile, dan disini edit profile. ini edit profile, okey. nah teman-teman klik yang bagian ini ya.. Edit Profile. nah itu akan muncul yang namanya seperti ini, ini yang paling atas. ini adalah nama. atau saya biasa bilang namanya title deskripsi. dan kemudian ada lagi yang namanya seperti ini. nah ini username. atau nama akun. nah dari sini, kalau temen temen sudah mendapatkan. oh saya punya mau jualan baju anak nih, berarti apa yang saya taruh (tulis) di username saya?. apa yang harus saya taruh (Tulis) di title deskripsi saya?. kebanyakan temen temen pada bertanya, Coach bisa gak kalau misalnya saya pakai nama toko saya?. jawab saya: bisa!. hanya saja kalau mau pakai nama toko sebaiknya di deskripsinya saja. kan disini ada namanya deskripsi nantinya. yang akan menjelaskan apa usaha atau jasa yang anda tawarkan.

Nah nama atau title deskripsi ini wajib diisi dengan kata kuncinya. kata kunci yang sudah kita riset, apakah baju anak ataukah Gamis. apakah fashion, dan sebagainya. nah cara risetnya bisa dengan cara. kita membuka akun instagram dan cari tahu yang mana yang paling banyak digunakan. misalnya kita tuliskan hashtag “#” baju anak. nah ini berapa banyak yang posting soal baju anak. atau Hashtag “#” Gamis Muslim, dan sebagainya. nah banyak juga orang yang bertanya. boleh gak kalau di nama akun saya pakai nama toko saya?. Boleh saja. tapi di nama title deskripsi atau nama. nama ini wajib diisi dengan kata kunci, misalnya disini. online shop “x” dan sebagainya ya, terserah mau tulisnya apa, tapi disini wajib tulis “Baju Anak” (Kata Kunci yang Mau dimenangkan di Pencarian Instagram). nah ini biasanya bisa diisi sampai dua kata kunci. Baju anak, habis itu.. Baju anak murah. atau dan sebagainya. bisa dikondisikan seperti apa. nah ini nanti bisa tanya jawab di grup nanti ya. okey, kemudian ini bisa nama OLSHOP nya apa. tapi saran saya sih kalau mau lebih bagus, ini diisi kata kunci juga. jadi hasilnya lebih maksimal, ketika orang mencari kita bisa masuk di Top Ten Pencarian di Instagram. itu akan memungkinkan, kemungkinan closing lebih tinggi. nah kemudian di deskripsi sini biasanya ada yang nanya, nah coach ini harus tulis apa ya?. nah paling gampangnya adalah, yang pertama:. Siapa anda?. Siapa anda ini menceritakan: saya jualannya apa?. Saya dimana? dan sebagainya. nah yang kedua adalah:. dagangannya apa? Jasa atau dagangannya apa?. okey, karena ini cukup singkat ya. kita cuma bisa isi beberapa karakter (huruf) saja jadi kita harus berhemat-hemat dan sedetail mungkin.

Walaupun tulisannya sedikit. dan yang ketiga adalah. Cara menghubungi anda bagaimana? Cara Contact anda?. ini bisa menyertakan nomor handphone, nomor line, whatsapp dan sebagainya. nah nomor empat adalah. domisili atau asal anda. ini untuk memberikan keyakinan bahwa. anda ini darimana? asal anda. memberikan keyakinan bahwa, oh saya pesan barang disini kirimnya darimana? nah.. kayak gitu. okey ya, kalau misalnya kita sudah dapat yang namanya riset kata kunci ini. kita sudah dapat riset kata kunci ini, maka sudah seharusnya kita bisa tanamkan. ke akun – akun kita, optimasi akun instagram kita. dan dari kata kunci ini pun akan berujung pada Hashtag “#” yang harus kita gunakan. di setiap postingan kita nantinya, okey. nah. kira – kira sekian dari saya Semoga bermanfaat.

Mendapat Lebih Banyak Pembeli dengan Facebook Ads Funnel

Mendapat Lebih Banyak Pembeli dengan Facebook Ads Funnel

Anda sudah spend banyak di Facebook Ads, tapi hasilnya masih zonk?. Atau Anda merasa targeting sudah tepat, tapi mengapa masih belum ada yang beli?. Ini terjadi mungkin karena Anda melakukan hard-selling. Kita di Facebook, tujuannya untuk socialize. Kita mau melihat update teman kita, family, atau. mau melihat ada update video apa yang lucu. Ketika kita melihat iklan yang menawarkan, “Belilah life insurance”. Dalam hati kita sudah menolak. Kita mungkin berpikir, “Saya tidak butuh life insurance. Keluarga saya tidak pernah ada yang beli.”. “Mengapa saya harus beli?”. Beda dengan kalo kita ke Google. Kalo kita mau ke Europe, apply visa perlu travel insurance. Jadi kita ke Google mencari kata kunci “Travel Insurance”. Muncul hasilnya, dan ketika ada iklan yang menawarkan travel insurance, kemungkinan besar kita akan klik iklan itu, karena memang kita sudah punya ‘buying intent’. Kita sudah ready untuk. membeli travel insurance. Tapi kalo di Facebook, kita tujuannya. adalah bersosialisasi.

Nah sekarang tugas kita di Facebook adalah bagaimana ‘generate demand’. dari orang yang sebelumnya tidak mempunyai ‘buying intent’, kita educate mereka sehingga pada akhirnya mereka mau beli dari kita. Di sinilah kita mau menerapkan Facebook Funnel. Untuk menjelaskan Facebook Funnel, kita perlu mengetahui apa itu customer journey. Customer journey adalah perjalanan audience Anda. dari belum mengenal Anda sampai pada akhirnya. mereka siap untuk membeli dari Anda. Ada 3 temperature audience. Cold, Warm, dan Hot. Cold itu adalah audience yang masih belum aware dengan Anda, atau product Anda. Warm audience adalah mereka yang sudah mulai pertimbangkan. apakah mereka mau beli atau tidak dari Anda. Hot audience adalah ketika mereka sudah siap untuk membeli.

Tentu saja, approach kita terhadap masing-masing audience ini beda. Untuk audience yang masih belum aware dengan kita yang perlu kita lakukan adalah. kita perlu membuat video. Misalnya, kalo kita mau jual insurance. Kita perlu membuat video manfaat insurance. Atau kita bisa menulis artikel/blog di website kita. Tujuan di sini adalah mengedukasi mereka sehingga mereka menjadi. aware dengan insurance. Di sini kita tidak butuh komitment dari mereka. Mereka tidak perlu memberikan kita email atau nomor telepon. Jadi di sini murni pure content memberi value untuk mereka. Setelah mereka mulai mengerti manfaat insurance, maka mereka masuk. ke tahap Consideration. Di tahap ini, mereka mulai pertimbangkan mau beli atau tidak. Di sinilah Anda bisa memberikan mereka. misalnya simulasi insurance dimana mereka cukup memberi Anda email, atau nomor telepon, sebagai gantinya Anda menghitung simulasi insurance. untuk mereka. Jadi di sini win-win. Dan mereka tidak membayar secara finansial, mereka hanya memberikan Anda data. Setelah mereka melihat simulasi insurance Anda, mereka mungkin. menjadi lebih tertarik lagi, sehingga mereka sudah siap untuk membeli.

Di tahap inilah, Anda perlu lebih meyakinkan mereka lagi dengan cara follow-up, dengan mengirim email, atau bisa juga Anda. langsung contact mereka. Di sini Anda bisa. memberikan konten berupa comparisan, perbandingan mengapa harus beli dari Anda, dan bukan dari kompetitor. Atau bisa juga Anda beri mereka testimonial (customer stories). yaitu testimoni-testimoni dari. customer Anda sebelumnya. Lalu bagaimana cara menerapkan Facebook funneling. dalam contoh ini?. Contohnya, Anda mau jual insurance. Untuk audience yang belum aware, Anda bisa membuat konten seperti video. Misalnya di video ini, Anda jelaskan mengapa. heatlh insurance itu penting. Bisa juga Anda membuat konten berupa tulisan, yaitu artikel di website Anda, 5 Alasan mengapa orang butuh health insurance. Harapannya adalah setelah mereka menonton video ini, atau mereka baca blog ini, mereka menjadi sadar, “Oh, ternyata insurance itu penting.”. Di sini Anda memberi mereka value. Di sini Anda menjalankan iklan pertama, yang mengarahkan mereka ke video atau ke blog ini. Setelah mereka menonton video atau blog, maka. Anda selanjutnya bisa membuat Custom Audience, yaitu. Anda meminta Facebook untuk mengumpulkan orang-orang yang pernah menonton video Anda. ataupun pernah mengunjungi blog Anda. Custom audience ini bisa Anda gunakan untuk target video (iklan) ke-2. Video (iklan) ke-2 itu isinya apa? Ketika mereka sudah masuk ke tahap consideration, di tahap ini Anda bisa menjalankan iklan ke-2, yang mengarahkan mereka ke landing page ini.

Di landing page ini Anda menawarkan “Get Free Life Insurance Quote”. jadi menawarkan simulasi insurance dengan meminta. nama, email, dan nomor telepon mereka. Jadi di sini Anda mendapat data audience Anda, sebagai gantinya, Anda memberikan mereka free value, yaitu berupa simulasi insurance. Orang-orang yang sudah mengisi data ini, yang sudah memberikan Anda data, Anda bisa buat lagi custom audience. yaitu orang-orang yang menjadi leads Anda di sini. Orang yang sudah mendaftar, memberikan nama, memberikan email, itu kita sebut sebagai Leads. Di sini yang kita lakukan adalah generate leads. Anda selanjutnya bisa buat custom audience dari Leads ini, yang akan Anda guakan berikutnya untuk target iklan ke-3. Jadi Leads ini sudah lebih siap lagi untuk membeli, karena mereka meminta simulasi insurance dari Anda. Kalo Anda mau jual ke mereka, mereka sudah lebih siap dibandingkan dengan cold audience. Iklan ke-3 yang bisa Anda jalankan adalah iklan penjualan.

Di sinilah Anda baru mulai menjual. Anda bisa mengarahkan mereka ke sales page. dimana di sales page ini ada tombol belinya. Atau kalo produk Anda closing nya tidak bisa dari. online, harus offline, Anda bisa buat janji temu dengan call ke mereka, dan kita meet face to face untuk closing. Jadi di tahap ini yang kita lakukan adalah ‘Convert’. Ketika Anda menjalankan iklan, tetapi pembeli sedikit, coba Anda review iklan Anda. Bisa jadi Anda sedang melakukan hard-selling. Ini biasa terjadi ketika audience belum kenal Anda, atau produk Anda itu bukan produk umum, jadi masih perlu edukasi. Atau kalo misalnya produk Anda mahal. Tapi kalo Anda jual produk seperti fashion, kaos. atau tshirt yang harganya puluh atau ratus ribuan, Anda tidak perlu jalankan funneling, cukup langsung iklan jualan. Tapi kalo misalnya insurance, online course, atau produk yang lebih premium (harganya jutaan), Anda perlu buat funneling, karena Anda perlu educate mereka dulu. Yang kita jalankan itu adalah funnel seperti ini. Ini saya review sekali lagi.

Kita perlu membawa mereka dari cold, kemudian perlahan membawa mereka menjadi warm, kemudian menjadi hot, dan convert mereka jadi pembeli. Ada 3 jenis iklan yang kita jalankan:. Iklan pertama yaitu untuk “Attract” mereka, dari yang ‘tidak aware’ menjadi ‘aware’. Iklan ke-2 adalah “Generate Leads”, yang kita target khusus ke audience. yang sudah mulai pertimbangkan produk Anda. Di sini kita berikan mereka free content, sebagai balasannya, kita menerima email dan data mereka. Setelah mereka ready untuk beli dari Anda, barulah Anda jalankan iklan ke-3. untuk “Convert” mereka. menjadi customers. Inilah contoh penerapan Facebook funneling. di campaign Anda. Next step adalah, campaign Anda yang selama ini gagal, coba di-review apakah Anda perlu membangun funnel, untuk menjual ke audience Anda. If you like this video, please comment & share. Dan kalo Anda punya pertanyaan tentang funneling, Hope you like it