Berapa Budget Ideal Untuk Marketing Bisnis Anda?

Berapa Budget Ideal Untuk Marketing Bisnis Anda?

Berapa sih budget yang ideal untuk marketing di bisnis anda?. Jadi, Saya sangat menyarankan. Kalau misalkan Anda hari ini adalah pemilik bisnis kecil. atau mungkin Start Up yang baru mulai. Untuk menginvest hanya sebagian kecil. Ya.. Budget ke dalam. Marketing Anda. Ya.. beda cerita nya kalau misalkan. bisnis Anda itu sudah ada “Venture Capital” nya. Sudah ada visi nya, sudah ada Investor nya. Oke, itu lain cerita. Kalau Saya pribadi, Saya akan lebih memilih untuk. melakukan Split Testing kecil – kecilan. tapi di banyakin. Ya.. dengan budget yang kecil. hingga Saya menemukan something yang works. Sesuatu yang bisa mendatangkan. TRACTION. Traction yang saya maksud disini itu. tidak berarti harus profitable. Misalkan Anda bermain di satu channel Marketing tertentu. dan dari channel marketing tersebut. Anda ternyata bisa mendapatkan begitu banyak traffic. atau mungkin Anda mendapatkan Sales. Hanya saja belum profit. Itu tidak masalah. yang penting anda sudah tahu. dari channel marketing tersebut. Anda bisa mendapatkan. traction yang. cukup banyak di bandingkan dengan. Anda bermain di channel Marketing lain. yang perlu Anda lakukan. hanya perlu mengimprovisasi. hanya perlu memperbaiki. agar. kegiatan pemasaran Anda di channel marketing tersebut itu. bisa. mendatangkan hasil yang. lebih maksimal. Anda hanya perlu. melipatgandakan usaha Anda, Budget Anda. di channel marketing tersebut. dan membuat mereka menjadi. profitable. Saya masih ingat cerita ketika awal Saya partneran sama Rico. Ya.. Rico di awal memulai bisnis itu. belum terlalu mengandalkan yang namanya “Paid Advertising”. atau iklan berbayar. Jadi, Saya waktu partneran. Saya sangat berhati-hati menggunakan Budget. Menggunakan biaya iklan yang sudah di. kasih. Saya memulai dengan Facebook Ads karena saya menemukan. ternyata dengan Facebook Ads. saya bisa mendapatkan begitu banyak. traction dibandingkan dengan channel – channel marketing. lainnya.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Menjual Apapun Kapanpun Dimanapun

So, yang saya lakukan waktu itu adalah. Saya melipatgandakan. Fokus Saya, Perhatian Saya, Usaha Saya, Budget Saya. Semua ke dalam. Facebook Advertising. Singkat cerita, perusahaan grow. perusahaan profit dan kita semakin. pede untuk. spend lebih banyak. kesini nya. Kalau Anda menggunakan Facebook Ads. Sebenarnya Anda bisa menggunakan Kartu Kredit. yang dimana jatuh tempo nya itu. di. Bulan Berikutnya. Ya.. jadi anda punya waktu. untuk mengumpulkan. cash. sebelum Anda bayar ke. Facebook. Jadi, Anda bisa. mendapatkan keuntungan di awal. sebelum Anda akhirnya harus. membayar biaya iklan tersebut ke Facebook. atau biaya kartu kredit. walaupun mungkin. kalau misalkan selama ngiklan. dan ternyata dalam waktu 30 hari itu. Profit anda belum bisa menutupi. tagihan kartu kredit Anda. atau tagihan. iklan Anda. tapi ternyata setelah. dihitung – hitung. lifetime customer value Anda itu. ternyata bisa menutupi. bisa profitable. data diatas kertas itu sebenarnya bisa CUAN. Maka Anda akan dengan gampang. mempresentasikan semua itu ke Investor. dan mendapatkan. Cash. sebagai Company yang. baru start di awal. Apalagi kalo misalkan Anda itu Bootstrapping. Saya tidak menyarankan Anda untuk. memasukkan jumlah. spend perbulan itu sebagai KPI Anda. Kan ada tuh Company yang. punya KPI. Saya bulan ini harus Spend. 1M. bulan berikutnya. saya harus spend 2M. Bulan seterusnya Saya harus spend 3M, 4M dan seterusnya.

Saya tidak menyarankan semua itu. Saya lebih menyarankan anda untuk memulai lebih banyak experiment dengan. Cash – cash yang Anda miliki. walaupun sedikit. Satu metrik yang selalu saya perhatikan. Ketika Saya beriklan menggunakan. Pay per clicks Advertising misalkan. Seperti. Facebook Ads ya. itu yang Saya perhatikan itu adalah. Seberapa cepat saya bisa mendapatkan kembali. uang yang sudah Sayai nvestasikan. ke dalam. Iklan tersebut. Ya.. jadi begitu saya ngiklan. ternyata 7 hari kemudian Saya bisa mendapatkan. uang Sayakembali. Maka saya akan meng investasikan. uang tersebut. kembali lagi ke iklan. Jadi kita punya. salah satu produk informasi yang ROASnya itu mencapai 8x lipat. Kalau temen – temen ga tau ROAS. ROASituadalah return on. ad spent. Ya.. dan profitnya itu bisa kita terima. dalamwaktu 3 hari. Pukul Rata. Pertanyaannya adalah bagaimana kalau Anda saat ini dikasih uang untuk dihabiskan di iklan. kira – kira Anda akan menghabiskan uang tersebut apa ngga. Jikalau Anda sudah tau ROAS anda 8x lipat. dana akan balik modal dalamwaktu 3 hari. Walaupun nyata memang ketika kita scale up. Ketika kita Scalling angka – angka tersebut itu biasanya akan berubah. tapi secara umum, secara general. Kita pasti akan menghabiskan sebanyak mungkin yang kitabisa. Kalau kita sudah mendapatkan data sepertiitu. Ya kan?. Poin saya adalah Ketika anda sudah dapat momentumnya.

Baca Juga :  Cara Memilih Partner Bisnis! Apa saja?

Hajar sekuat mungkin. Hajar secepat mungkin. Yang saya perhatikan masalah – masalah kebanyakan advertiser di luar sana itu. bukan. di sisi teknis nya melainkan di sisi mindset nya. mereka belum berani untuk. all out. Ketika momentum nya itu. pas. sehingga mereka sering kehilangan. momentum. Jadi seberapa besar. budget yang harus Anda spend. untuk marketing bisnis anda. itu sangat tergantung di. seberapa banyak profit. yang bisa didatangkan oleh sebuah marketing channel. untuk bisnis Anda. dan hal lain yang tidak kalah penting ketika kita membicarakan soal advertising. adalah. apakah. Advertisement kita itu terukur atau tidak?. Kita ambil contoh seperti iklan billboard. mungkin Anda akan bertanya apakah billboard itu bener – bener works atau nggak?. buat saya. Billboard itu pasti works. buktinya masih banyak company – company yang saat ini masih menggunakan. Billboard. Saya sendiri percaya dengan namanya. sebuah aturan dalam marketing. yang dimana. katanya kalau seseorang sudah melihat. pesan marketing kita. Mereka cenderung akan. Membeli. Jadi simple nya gini deh. Kalau misalkan saya ditanya. Ron, kamu biasanya beli sepatu itu bakal kemana?. Under Armour. kemudian Kalo ditanya beli smartphone?. Saya pasti bilangnya Apple atau. Iphone. Ya.. kalo beli laptop. ya beli nya pasti Macbook atau Apple. itu. Semua tentang. Brand. itu makanya kenapa. Iklan di Televisi, kemudian iklan di Billboard. atau press conference. itu masih. di pakai oleh brand – brand besar sampai saat ini. masih dipakai oleh company – company yang budgetnya gede. sampai saat ini. Untuk iklan – iklan seperti itu. akan sangat susah untuk di track. ya.. tapi. tidak masalah untuk brand besar. karena mereka sudah punya. budget yang sangat besar. dan brand itu. sangat penting buat mereka. tapi untuk start up – start up kecil. itu akan sedikit lebih susah. Oke sekian untuk video kali ini. Semoga Anda mendapatkan sedikit gambaran. Seberapa besar. Marketing budget yang harus. Anda alokasikan. di bisnis. Silahkan share ke temen – temen Anda dan see you in the next video.

Baca Juga :  Kiat Sukses Berbisnis dari Nol, Ini Langkah-langkahnya